Mengenal Logline, Sinopsis dan Cara Membuat Sinopsis yang Menarik Pembaca

Dua kali saya mengikuti workshop kepenulisan, dan ini buku kedua yang saya temukan tentang kepenulisan. Agak sulit bagi saya menemukan buku tentang kepenulisan yang jelas dan lengkap. Jadi saat Naura Books memposting tentang penerbitan buku ini langsung cusss deh untuk order. Buku karya Jessica Brody ini disusun secara sistematis, yang reviewnya akan saya unggah. Tapi…

[Review Buku] Novel “Algoritme Rasa”

Baca cerita ini pertama kali di aplikasi @wattpadindo dengan judul Impromtu dan kemudian terbit novel fisiknya denganJudul : Algoritme RasaPengarang : @pramyths @katapradnya alias Pradnya ParamithaPenerbit : Elex Media KomputindoTebal : 452 halaman Ceritanya complicated, plot twist yang tak terduga.Di beberapa bagian bahkan aku menahan air mata saat tahu kondisi hubungan Bhisma dengan Tante Laras-Mamanya.Yuk…

Pengalaman Menghadapi Anak Saat ABG

Tulisan ini sudah saya unggah di blog saya satunya yang lama…sekali tidak tersentuh. Berhubung di blog ini saya lebih aktif dan ikut blogwalking, maka saya repost disini setelah edit sana sini untuk menyesuaikan. Semua berdasarkan pengalaman pribadi di tahun 2017. Hari Sabtu kemarin tanggal 7 Januari 2017 saya menghadiri acara parenting yang diselenggarakan sekolah anak…

[Review Buku] Novel “Home Sweet Loan”

Judul: Home Sweet Loan / Penulis: Almira Bastari / Penerbit: Gramedia Pustaka Utama / Tebal: 309 halaman / Genre: Metropop Judulnya jelas eye catching. Saya suka baca judulnya yang simpel namun menarik. Kreatif sekali penulisnya menemukan judul ini. Hal lain yang saya suka adalah dialog-dialog antar tokohnya yang akrab, konyol, spontan, dan cerdas. Bukan hal…

[Review Buku] Novel Tere Liye “Selamat Tinggal”

Judul: Selamat Tinggal / Penulis: Tere Liye / Penerbit: Gramedia Pustaka Utama / Tebal: 350 halaman. Kemampuan penulis yang sangat produktif ini pasti tidak diragukan lagi. Alur maju mundurnya keren, smooth banget sampai nggak terasa. Saya sampai buka bolak balik halamannya untuk membaca kembali dan mempelajari bagaimana penulis ini bisa membuatnya seperti itu. Sayangnya saya…

[Review Novel] Transit by Adiwerti Sarahayu

Judul: Transit Penulis: Adiwerti Sarah Tebal: 373 halaman Editor: Adelina Ayu Lestari Editor Supervisi: Risma Megawati Ilustrasi: Resoluzy Desain Sampul: Ikmal Aldwinsyah Penerbit: Gramedia Harga: 78.000 (di Gramedia) “Mau beli sepatu yang hanya dipakai di kaki saja kita pasti pilih-pilih kan? Kalau memilih sepatu saja begitu, masa iya menentukan pasangan sehidup semati kita nggak boleh…

Menulis setelah Membaca, Sebuah Cara Mudah Melekatkan Pengetahuan

Saya memiliki kebiasaan kecil untuk menuliskan kembali hal-hal penting yang saya lakukan saat membaca buku. Jika dulu saat masih sekolah sampai kuliah, maka yang saya tulis ulang dalam sebuah kertas kecil adalah rumus, atau kalimat-kalimat yang harus saya hafalkan. Kenapa kertas kecil? Karena kertas ini akan bisa saya bawa kemana-mana termasuk saya baca kembali sesaat…

Pengalaman Pertama Ikutan Blog Walking di Komunitas IIDN

Semua berawal dari jadi follower di IG Ibu-ibu Doyan Nulis alias IIDN yang digawangi mbak Widyanti Yuliandari. Sebenarnya sudah lama jadi follower IG dan juga di FB karena memang tertarik untuk mengembangkan kemampuan menulis, konsisten menulis, dan mendapatkan manfaat lebih dari hobi menulis selain juga bisa memberikan manfaat melalui tulisan. Kembali ke hobi menulis, hobi…

[Review Novel] Tough Love by Ollyjayzee

Ini salah satu penulis favorit baru aku yang kutemukan di Stroialco. Kepincut dengan salah satu karyanya yang bikin aku cari buku fisiknya. Memang di zaman digital gini meski sudah ada yang kubaca tuntas di aplikasi, tetap saja kalau bukunya terbit bakalan kuburu jika aku klik dengan ceritanya. Tapi jangan lupa ya kalau beli buku jangan…